BISNISNEWS.COM – Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) stabil berada di tiga besar dalam simulasi tujuh nama tokoh.

Hal tersebut bisa dilihat dari hasil survei Indikator Politik Indonesia periode 30 April—5 Mei 2023 yang menunjukkan elektabilitas tokoh.

“Erick kurang lebih stabil (masuk dalam tiga besar),” ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, Kamis, 18 Mei 2023.

Sebelumnya, dalam hasil survei Indikator Politik periode 8—13 April 2023, Erick Thohir juga menduduki posisi ketiga sebagai cawapres pilihan responden dengan elektabilitas sebesar 12,2 persen.

Ke depannya, menurut Burhanuddin Muhtadi, elektabilitas Ketua Umum PSSI itu berpotensi naik.

Baca artikel menarik lainnya, di sini: Ketua Relawan Yakin Calon Presiden Pemberani Pilihan Jokowi Ada di Sandiaga Uno

Salah satu alasannya adalah karena keberhasilan Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas dalam cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023 di Kamboja.

Burhanuddin Muhtadi menyampaikan hal itu saat menyampaikan hasil survei Indikator bertajuk Peta Elektoral Pascadeklarasi Ganjar Pranowo sebagai Capres PDIP dan PPP secara daring, sebagaimana dipantau di Jakarta.

Dalam survei tersebut, Erick yang memperoleh elektabilitas sebesar 15,3 persen berada di posisi ketiga.

Sementara posisi pertama adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan perolehan elektabilitas sebesar 24,5 persen.

Dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berada di posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 18,3 persen.

Survei Indikator Politik itu melibatkan sebanyak 1.200 responden yang dipilih melalui pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan pemindaian. Responden itu lalu diwawancara melalui sambungan telepon.

Ambang batas kesalahan dalam survei itu diperkirakan sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.***

Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.